Friday, October 22, 2010

Cinta Keypad

Oleh: Gilang Gumilang, 15 tahun
(BWS Garut)

Pernah denger cerita tentang Cinta Bunga? Cinta Indah? Cinta Fitri? Atau Cinta Laura? Alah, itu mah biasa. Tapi kalau Cinta Keypad, baru denger khan???

Gak usah aneh. Cinta keypad bukanlah cinta antara handphone dan keypadnya (huahaha).

Tapi, ini kisah cinta sahabatku yang punya pacar gara¬-gara keypad. Bisa? Bisa!
Ratna, sahabatku yang wajah manisnya mirip Dinna Olivia itu pernah punya cerita cinta gara gara keahliannya dalam mengoperasikan keypad handphone (emang perlu keahlian segala??)

Suatu malam yang dingin dengan tiupan angin, Ratna kaget banget pas dapet SMS tak dikenal dengan nada hinaan. Kontan aja dia marah. Lha, kok sampe ada yang berani ngehina dirinya?. Sebelum dia ngebales sms itu, dia mikir¬-mikir dulu, apa ini nomor teman temannya? Ah, gak mungkin banget. Soalnya, nomor teman temannya semua ada di phonebook-nya. Tapi, dia mikir lagi, apa mungkin ada temennya yang ganti nomor?. Ah, gak mungkin juga. Soalnya, pasti mereka ngasih tau kalo ada yang ganti nomor. Jadi siapa dong?

"Luw spa sih?. Brani bgd nghina gw!!!”

Ratna ngebales SMS itu. Jelang beberapa menit, muncul balasan. Ratna yang masih emosi, langsung ngebaca pesan itu dengan membabi buta.

"Alah ... jgn blaga bgo deh lo!!. Najis bgd lu jd org!! munafik.'"

Hati si Ratna makin panas.tanpa make mikir, jari jari tangannya langsung joget diatas keypad handphonenya.

"Eh, cwry yak, gw gk knal ma Iuw! Brani bgd lu ngatain gw mnafik!"

Ratna diam sejenak. Sempat terlintas dalam pikirannya bahwa pengirim SMS itu adalah aku. Biasanya, aku yang suka kirim pesan pesan yang ajaib buat dia. Tapi, dia langsung geleng geleng kepala. Mana mungkin si Gilang berani kirim yang begituan, katanya. Soalnya, pulsa di HP-nya kan cuman ada tiap sebulan sekali. Lagi mumet-mumetnya mikirin pengirim SMS itu, HP-nya bunyi lagi. Ada pesan.

"Gw gak kan prnh Ip kejadian tdi sre. Enak bgd Iuw big gk knal ma gw. Pdhal, dlu lu nyanjung2 gw! Njis bgd Iu, Tian!!!"

Ratna langsung ketawa sendiri. Hm .... SMS nyasar rupanya.

“Cwry yupz .. km slah org. Gw bkn Tian, gw Rtna...."

Ratna hendak menggulingkan badannya ke atas spring bed birunya. Tapi, lagi lagi ada pesan yang muncul di HP-nya.

"Alah lu gak uzh sok gk knal deh. Org mnafik khn emang bnyk akal…”

Ratna gak ngebales tuh SMS. Matanya udah gak bisa diajak kompromi. Lagian, buat apa ngurusin orang gak jelas kayak gitu, pikirnya. (Akhirnya nyadar juga heheh)
Esok paginya, saat Ratna lagi sarapan bareng keluarganya, HP-nya bunyi lagi. Ada pesan.

"Eh, bneran km bkn Tian? Wah ... klo gt, aqw slah org dunk??"

Ratna gak ngebales. Dia tetep nerusin ritual makan roti selai kacangnya. Gak makan waktu lama, tuh HP yang baru satu taon jadi temen akrabnya bunyi lagi.

"Kok gk blez siy? Km ksinggung ya gra2 sms aqw?"

Ya ... karena ngerasa gak enak, Ratna yang masih asyik dengan roti selai kacangnya mulai mijit mijit keypad.

"Aqw gk mrh kok. Dah biasa dpt sms kyk gto. But, laen kli jgn ulangi hal yg kyk gto lg yupz? Jlek.... "

Ratna berharap orang yang nge-SMS-nya gak ngebales. Udah males banget. Tapi, harapannya gak semulus jalan tol. Orang yang Ratna anggap sableng itu malah ngebales SMSnya.

"Oke deh kaka ... eh, nma kmu khan Rtna. Knalin, aqw Henoch Cornelis. Aqw hrp kt bs tmnan. Km tnggl dmna? Km mzh skull? "

Sok imut banget nih orang, batin Ratna. Dia langsung ngebales SMS itu.

"Aqw mzh skull. Nma kmu henoch? Km sodaranya senok ya??"

Ratna buru buru berlari ke arah mamanya yang udah nungguin di mobilnya. Nyampe di dalam mobil, HP-nya bunyi lagi.

"Hah? Siapa tuh senok???"

Ratna langsung ngebales.

"Senok itu solmetnya garpu buat makan. He…"

Begitu SMS itu dikirim, Ratna ketawa cekikikan, persis nenek lampir kejepet pintu. Gak nyampe lima menit, tu orang yang ngaku ngaku bernama Henoch, ngebales SMS Ratna.

"Itu khan sendok. Km blum jwb ptanyaan aqw. Km mzh skull??"

"Pnting yupz? Km tkt aqw jnda. Tnang za ... aqw mzh skull. Trz, urzannya ma km?"

"Gak.. pgn taw za. Oopz, aqw mo tnya, km udah pny pcar?"

Ratna diem. Di dalam mobil yang melaju, pelan seperti kura kura, Ratna ogah ngebales pesan yang isinya sangat ngeganggu privasinya, satu pertanyaan yang yang paling dibenci Ratna, mengingat statusnya yang selama ini berpredikat JOMBLO ABADI. Baru aja kenal udah tanya yang begituan. Dasar cowok sableng!

Selang dua bulan kemudian.....

"Gil, kemaren malem aku jadian..." ucap Ratna malu malu, sambil mainin keypad-nya.
"Ya syukur deh .... emang kamu jadian sama siapa?". tanyaku.
Cewek manis itu menundukkan kepalanya. Pipinya bersemu merah. Aloha, dia sedang jatuh cinta!
“Sama si Henoch..."
Aku nyaris tersedak. Kutatap lekat lekat wajah innocent-nya, kucari kepastian di matanya. Jadi inget sama lagu jamrud. Bukan pelangi yang aku liat di sana, tapi setitik mutiara yang asyik nangkring di sudut matanya.
"Bener?. Kamu gak salah?. Kamu khan belum liat wajahnya?. Gimana kalo ternyata si sendok itu jelek?”
“Abisnya ... dia maksa aku sih. Ya udah aku terima aja mumpung lagi jomblo. Lagian kamu juga, di telepon HP-nya sibuk terus. Terpaksa deh aku bikin keputusan sendiri."
"Ya udah ... terserah kamu aja. Aku cuman bisa ngedukung kamu. Asal kamu tetep seneng, it’s okay."
Ratna tersenyum kecil. Tampak bahagia.
Sejak hari itu, tiada hari tanpa ngomongin si Henoch. Gak jarang Ratna ngeliatain SMS dari si sendok itu padaku, yang berisi rayuan gombal. Aku cuman bisa tersenyum, nggak mungkin merenggut impian seorang gadis dengan mengecilkan hatinya. Ya ... asalkan Ratna happy, aku sih ngedukung aja.
Keypad. Duh. Gara gara benda yang satu itu aku bisa ngeliat sahabatku bahogia. Gara gara keypad itu juga, akhirnya Ratna merasa terbebas dari kutukan jomblo yang selama ini menghantui dirinya. Keypad berwarna biru langit itu masih ada sampai sekarang. Saking bersejarahnya, keypad itu tetep dipake walopun gambar huruf dan angkanya mulai pada ngilang, dan beberapa tombolnya udah error. Pokoknya, Ratna sayang banget sama keypad-nya itu. Tiap hari diusap usap. Tiap hari dibersihin pake tissue. Ah ... pokoknya sayang banget deh. Sampe sampe, tiap ada orang yang mau minjem handphone-nya, tuh keypad dicopot dulu.
Cinta keypad. Bukan cinta antara keypad sama handphone-nya. Tapi, cinta sang pemilik keypad dengan pacar SMS-nya. Keypad-nya yang sekarang udah gak bisa dipake itu, menjadi sejarah cintanya Ratna sama Henoch. Walopun keypad itu udah gak berfungsi lagi, Ratna gak punya pikiran buat ngebuang tuh benda ajaib. Pokoknya, keypad itu adalah segala galanya buat Ratna.
Hm ... betapa sayangnya Ratna sama keypad itu. Seperti rasa sayangnya sama Henoch. Yang bikin aku heran, dari pertama dapet SMS itu sampe sekarang, Ratna belum pernah sekalipun ngeliat wajah aslinya Henoch. Tapi, dia gak pernah punya pikiran kalo ternyata misalnya si Henoch itu selama ini cuman bohong dan sebenernya udah punya pacar. Ia selalu yakin bahwa Henoch adalah pangerannya. Pangeran yang ia temukan lewat keypad kesayangannya.
Sampe sekarang, hubungan mereka udah jalan hampir dua tahun lebih. Gak pernah sekalipun aku ngeliat Ratna be-te gara gara Henoch. Mungkin selama ini walopun lewat SMS, Ratna ngerasa kalo Henoch itu amat sayang sama dirinya. Hmm…mungkin cinta imajinatif seperti itu lebih nyaman kali ya. Kita gak usah ribut sama pacar di tengah pasar, cukup lewat kata-kata dan khayalan aja. (Ciee!)
Tapi, kalo aku lagi iseng, aku suka berfikir, “Pernah gak ya Ratna berfikir kalo temyata misalnya si Henoch itu jelek, udah tua, duda, atau mungkin BENCONG yang gak punya kerjaan, cuman ngisengin Ratna doang???"
Hah, cinta memang aneh…

Based on true story

Copyright@2008 by BWS, dilarang meng-copy tanpa izin tertulis dari BWS