Friday, March 11, 2011

12 Pertanyaan Terkait Antologi Cerpen BWS

"Apa? Hasil karya lomba cerpen BWS mau dibukukan?"
"Karya saya dimuat nggak?"
"Kalau nggak dimuat, ngapain beli bukunya!"



Ketika pertama kali mengumumkan antologi hasil lomba cerpen BWS akan segera terbit pada 29 Maret, kami kebanjiran pertanyaan. Baik via email, sms, maupun telepon. Baik yang bernada gembira, penasaran, maupun marah. Semua berusaha kami tampung. Bila pun ada yang terlewat, mohon maaf karena pertanyaan yang masuk begitu banyak.

Oleh sebab itu, untuk memudahkan kita semua, berikut ini kami sajikan daftar 12 pertanyaan yang sering muncul (FAQ). Silakan dibaca selengkapnya sebelum mengajukan pertanyaan ke redaksi BWS.

P1: Saya mendapat kabar dari BWS tentang rencana terbitnya antologi cerpen. Apakah itu berarti karya saya dimuat dalam antologi tersebut?

J: Tidak. Kami menginformasikan rencana terbitnya buku ini kepada SEMUA peserta lomba. Akan tetapi tidak semua karya dimuat. Hanya 15 karya terpilih saja yang masuk dalam antologi ini.

P2: Saya mendapat sms dari BWS, tapi teman saya nggak –padahal dia juga peserta lomba.
Apakah itu berarti karya saya dimuat dan dia tidak?


J: Tidak. Kami berusaha menyebarkan berita kepada semua peserta. Teman anda tidak mendapat sms karena mungkin nomor hp-nya tidak sesuai dengan yang ditulis dalam formulir lomba.

P3: Karya saya nggak menang, jadi nggak mungkin dimuat, kan?

J: Belum tentu. Dalam antologi ini dimuat 15 cerpen, 5 cerpen pemenang dan 10 cerpen pilihan (tidak menang tapi layak muat). Meski tidak menang, karya anda bisa saja termasuk yang 10 itu.

P4: Kenapa BWS tidak segera memberitahukan karya siapa saja yang dimuat? BWS gak profesional!

BWS adalah lembaga nonprofit yang berkomitmen penuh untuk memajukan para penulis di Indonesia. Kami mempunyai prosedur tersendiri dalam membuat keputusan-keputusan terkait even yang kami adakan. Bilapun ada sedikit keterlambatan pengumuman, itu karena masalah teknis saja. Jadi ini sama sekali TIDAK ada hubungannya dengan profesionalitas.

P5: Karya saya belum tentu dimuat, kenapa harus beli buku tersebut?

J: Anda TIDAK HARUS membeli buku tersebut. Tetapi bila anda ingin (lebih) sukses dalam menulis kreatif, buku ini memang “wajib punya.” Kami menyusun antologi ini dengan tujuan agar para peserta lomba dapat membaca karya terpilih dan belajar darinya. Sehingga nanti tidak akan ada pemikiran, “kok cerpen saya nggak menang sih?” atau “kok cerpen saya nggak dimuat sih?” Dengan membaca buku ini, diharapkan kita semua dapat berkarya lebih baik lagi di masa mendatang.

P6: Kalau karya saya dimuat, apakah harus tetap beli bukunya?

J: Sekali lagi anda TIDAK HARUS membeli. Buku ini dicetak terbatas, dan hanya ditujukan bagi mereka yang berminat serius untuk berkarya dan menambah wawasan. Terutama bagi anda yang ingin mengikuti “Lomba Cerpen BWS 2011”, buku ini wajib punya karena di dalamnya terdapat “Formulir beserta Nomor Urut Pendaftaran”.

P7: Lalu, karya siapa saja yang dimuat dalam antologi tersebut?

J: Pertanyaan ini paling sering muncul. Terima kasih sudah bersabar menunggu jawabannya. Karena kita tidak akan menjadi penulis SUKSES bila tidak punya modal KESABARAN!

Untuk mengetahui karya siapa saja yang masuk, silakan download di sini. Kalau sudah bisa, bukalah dokumen bagian Daftar Isi (halaman 6).

P8: Apakah karya yang dimuat akan mendapat royalti?

J: Tidak. Buku ini tidak dijual bebas di pasaran sehingga para penulis tidak akan mendapat royalti penjualan. Untuk insentif, kami telah menyediakan hadiah bagi 5 karya pemenang sesuai yang tertera pada pengumuman. Sedangkan untuk 10 karya yang tidak menang namun dimuat dalam antologi, kami menyediakan honor dalam bentuk bingkisan/paket buku Teenlit dan Chicklit keluaran penerbit yang berafiliasi dengan BWS. (Untuk lebih jelas silakan hubungi kami via email: bws.writing@gmail.com )

P9: Saya tertarik dengan antologi BWS. Gimana cara pesannya? Dan apakah ada diskon?

J: Untuk memesan buku BWS, silakan baca prosedurnya di sini. Kami memberikan diskon 10% hanya kepada mereka yang memesan dan mentransfer sebelum tanggal 15 Maret.

P10: Ingin pesan buku via transfer bank, tapi takutnya nanti paket tidak sampai. Gimana dong?

J: Kami menjamin barang akan sampai ke tempat anda bila alamat yang diberikan jelas. Kecuali bila ada masalah di bagian kurir (TIKI), maka kami akan membantu agar paket tetap sampai dengan memberikan bukti nomor resi. Bila anda ingin lebih aman, silakan memesan langsung buku ke kantor BWS. Alamat: Jl. Nusantara Raya No 161 Kota Depok 16432, Telp 021 7522370.

P11: Terima kasih BWS sudah memberi kesempatan untuk berkarya. Kapan akan mengadakan lomba lagi?

J: Kami akan mengadakan Lomba Cerpen BWS 2011 insya Allah pada bulan Oktober mendatang. Bagi yang sudah membeli buku antologi, anda akan mendapat formulir dan Nomor Urut Pendaftaran (NUP) di halaman terakhir buku. Silakan email NUP tersebut ke: bws.writing@gmail.com agar kami bisa memberikan formulir dalam bentuk soft copy (file .doc).

P12: Saya dengar lomba cerpen mendatang hadiah utamanya “Wisata Menulis ke China”. Kok hadiahnya keluar negeri melulu? BWS punya dana besar dari mana?

J: Kami tidak punya dana besar. Kami hanya lembaga independen yang terdiri atas segelintir orang yang peduli pada kemajuan para penulis di Indonesia. Setelah lama berkeliling ke daerah, kami tahu betapa besar potensi orang Indonesia (terutama remaja) dalam menulis. Ajang ini dibuat untuk memacu supaya kreativitas penulis dan calon penulis di berbagai pelosok Indonesia semakin maju, sebagai bagian dari “Gerakan Cinta Menulis Cerita Inspiratif untuk Indonesia yang Lebih Baik” (GMCI). Doakan saja agar kami tetap eksis.